Mengenal Fungsi F4 untuk Penggunaan Rumus pada Excel

Dalam microsoft office excel dikenal dengan sel absolut dan non absolut. Nah, untuk sel absolut berfungsi untuk mengunci pemilihan pada sel tertentu agar perhitungan rumus tidak bergerak ke sel lainnya. 

Sebagai contoh, ketika kita tidak ingin mengetikan pada sel A1, maka kita bisa menggunakan fungsi F4 pada keyboard untuk mengabsolutkan sel tersebut. Hasilnya kemudian akan menjadi seperti ditambahkan tanda $ diantara sel yang diabsolutkan tadi. 

Contoh praktisnya seperti ini:

Bila kita ingin mematok harga pada sel A1 dengan harga, dan untuk beberapa item, maka bisa dilakukan pada sel A1 untuk dibuat secara absolut. Sehingga pada akhirnya nanti fungsi rumus tidak akan bergerak pada sel A1 untuk beberapa baris kebawahnya. 

Untuk membuat sel secara absolut juga bisa kita ketikan secara manual menggunakan keyboard dengan kode $ diantara sel yang akan diabsolutkan. Perhatikan gambar dibawah ini.

Mengenal Fungsi F4 untuk Penggunaan Rumus pada Excel


Untuk lebih praktisnya, fungsi F4 pada keyboard berfungsi untuk menjadikan sel absolut atau permanen. Dalam fungsi penjumlahan atau perkalian hal ini berfungsi agar sel tidak bergeser pada sel yang lain, misalnya untuk jenis item yang sama. 

Oke, demikian penjelasan singkat tentang fungsi F4 pada keyboard untuk mengabsolutkan sel. 

Dalam blog sederhana ini saya menyajikan tutorial office khusus excel dan word. Dengan kategori postingan belajar microsoft excel, Anda bisa melihat fungsi/rumus yang sederhana hingga yang lumayan rumit, cocok untuk pemula sampai advance. Blog sederhana ini saya dedikasikan khusus untuk pembaca!

Semoga bermanfaat.
Previous
This is the oldest page

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
November 26, 2015 at 6:42 PM ×

Tes Comment

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment